“Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah.” [Shaad: 26]

Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan.” [Al-A’raf: 142].

Setiap kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan berganti sesuai dengan jatah waktunya. Badan Eksekutif Murid SMAIT As-Syifa Boarding School Wanareja memiliki periode kepemimpinan selama satu tahun, maka di tahun ini pergantian pemimpin harus dilaksanakan.

Dimasa pandemi ini, sistem pembelajaran yang dilaksanakan jarak jauh maka tidak ada tatap muka. Namun keadaan tersebut tidak menurunkan semangat murid-murid untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan, baik pembelajaran maupun pengembangan diri. Begitupun dengan kegiatan PEMIRA (Pemilihan Raya) 2020 Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Badan Eksekutif Murid periode 2020-2021.

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 3 Juli 2020 sampai 30 Juli 2020. Diawali dengan pendaftaran Capres dan Cawapres pada tanggal 3-10 Juli 2020. Kemudian pengumuman nomor urut pasangan (11 Juli 2020), masa kampanye (12-26 Juli 2020), debat Capres (19 dan 26 Juli 2020), masa tenang (27-28 Juli 2020), pemungutan suara (29 Juli 2020), dan pengumuman (30 Juli 2020). Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan secara online yang terpantau oleh tim KPU SMAIT As-syifa Boarding School Wanareja.

Menjadi Presiden dan Wakil Presiden BEM bukanlah hal yang mudah, kegiatan boarding dimana pembelajaran hampir full 24 jam menuntut murid untuk pandai dalam membagi waktu. Terlebih target capaian yang ada tidak hanya dalam bidang akademik, namun juga bidang tahfidz. Karena itu salah satu syarat menjadi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diantaranya yakni memiliki capaian hafalan minimal 3.5 juz, dan rata-rata nilai rapor 80.

Berikut adalah nama Capres dan Cawapres berdasarkan hasil seleksi secara tertutup oleh tim KPU Aswaja:

Capres BEM Putri:

  1. Fairuz Geulish Syakirarizki (XI IPS)
  2. Alya Nurfajri Anwar (XI IPA 1)
  3. Lubna Fathin Fauziyyah (XI IPA 3)

Capres dan Cawapres BEM Putra :

  1. Fahmi Azhar (XI IPA 1) dan Rio A Malik (XI IPA 2)
  2. Muhammad Agits Fauzan (XI IPA 1) dan Awfa Ghanie Aminudin (XI IPS)
  3. Saddam Nurfauzan (XI IPA 3) dan Raihan Sayyid Husain (XI IPS)

Selamat Berdemokrasi !