Divisi Kepesantrenan menyelenggarakan agenda Mukhoyam Tarbawi atau Kemah Bina Pribadi Islami (BPI) pada 15-16 Maret bertempat di Bumi Perkemahan Panaruban, sebuah area pegunungan dan perkebunan teh yang masih asri. Agenda yang merupakan perdana diselenggarakan oleh SMAIT As Syifa Wanareja ini diperuntukkan bagi kelas XI guna mengisi waktu pasca menyelesaikan pekan ujian PTS, agar dapat dimanfaatkan untuk refreshing dan diisi dengan kegiatan positif sekaligus character building.

acara dibuka oleh Ustadz Sudiman, S.Pd. selaku Ketua Yayasan Bidang Pendidikan dan Pengajaran

Pada Upacara Pembukaan, bertindak sebagai pembina upacara adalah Ustadz Sudiman, S.Pd. selaku Ketua Yayasan Bidang Pendidikan dan Pengajaran sekaligus Ketua BPI Kabupaten Subang. Dalam amanatnya, beliau berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan langka ini untuk menimba pengalaman agar kelak ketika berperan di tengah masyarakat mampu membekali diri, bukan hanya dengan wawasan yang luas tapi juga dengan fisik yang prima. Beliau menambahkan bahwa salah satu media yang mampu meningkatkan dua poin tersebut, diantaranya melalui kegiatan Kemah BPI.

Kordinator BPI SMAIT As Syifa Wanareja, ustadz Jaiz Tamam, Lc. yang didaulat sebagai ketua panitia acara mengungkapkan bahwa kegiatan ini diikuti secara antusias oleh murid, selain sebagai sarana mempererat ukhuwah antar peserta, kegiatan ini juga menghadirkan para pemateri yang berkompeten di bidangnya, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam keadaan tertentu.

penyampaian materi tips bertahan hidup di alam rimba

Di antara materi yang disampaikan adalah tentang indibath atau kedisiplinan dan materi dasar survival atau tips bertahan hidup di alam rimba. Selain itu, kegiatan juga diisi dengan aneka games edukasi yang bermanfaat untuk melatih kekompakan serta memupuk ukhuwah. Di akhir kegiatan, para murid mengikuti Jelajah Alam Pegunungan Panaruban yang ternyata banyak memiliki air terjun dan pemandangan nan indah. Sementara itu, para guru tahfidz dan wali kamar bertindak sebagai panitia sekaligus pendamping jalannya kegiatan sehingga berjalan lancar.

bekerja sama mendirikan tenda melatih ‘amal jama’i

WKS Kepesantrenan menyerahkan bingkisan kepada perwakilan tim peserta terbaik

 

Pada upacara penutupan,  WKS Bidang Kepesantrenan berkesempatan memberikan apresiasi dan bingkisan kepada tim peserta terbaik, sekaligus menutup secara resmi  kegiatan perkemahan mewakili Kepala Sekolah. Diharapkan melalui kegiatan kemah singkat ini banyak manfaat yang diperoleh para peserta terutama dalam aspek pembentukan karakter Islami.