Syiar Dzulhijjah 1439 di SMAIT As Syifa Wanareja Subang

Syiar Dzulhijjah di SMAIT As Syifa Boarding School Wanareja menjadi program tetap di tiap tahun. Hal tersebut karena bulan ini merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Di dalamnya terdapat peristiwa istimewa yang dapat dipetik hikmah dan pelajarannya. Oleh karenan itu, syiar bulan Dzulhijjah harus senantiasa diperkenalkan khususnya kepada generasi muda Islam.  Di antara hikmah yang dapat dipetik, adalah melalui pelaksanaan Ibadah qurban, yang  mengingatkan kita tatkala Nabi Ibrahim AS bersedia untuk mengorbankan putranya, semata-mata untuk menjalankan perintah Allah SWT hingga akhirnya sembelihan itu digantikan olehNya dengan seekor domba besar. Selain itu, pelaksanaan Ibadah Haji juga dapat menginspirasi para generasi muda bahwa untuk menjalankan rukun Islam ke-5 ini penuh dengan perjuangan.

Pada tahun ini,  Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1439 H bertepatan dengan tanggal 22 Agustus 2018. Namun demikian, agenda Syiar Dzulhijjah telah dimulai sejak hari pertama memasuki bulan mulia ini. Diawali dengan launching Syiar Dzulhijjah berupa sosialisasi seluruh kegiatan, serta diisi dengan ta’lim umum tentang keutamaan bulan Dzulhijjah oleh  Ust. Agus Supriatna, M.Ed. Selain itu, agenda  Syi’ar Dzulhijjah juga diisi dengan dauroh  qurban dan manasik haji.Tujuannya agar seluruh siswi mengetahui apa saja yang dilakukan orang yang sedang haji sekaligus tata cara penyembelihan sesuai syar’i. Pada tanggal 9 Dzulhijjah semua murid mengikuti puasa Arafah dan buka puasa bersama.

Baca juga : Gema Muharram 1440 H SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja

Diadakan pula berbagai perlombaan, di antaranya lomba takbiran, lomba nyate, lomba MHQ sekaligus lomba manasik haji yang diikuti penuh antusias oleh seluruh murid baik putra maupun putri. Hari Idul Adha seluruh murid SMAIT As-Syifa melaksanakan shalat ied, bersama dengan semua keluarga besar As Syifa Wanareja yang dilaksanakan di Halaman Kampus SMAIT putri, bertindak sebagai khatib ust. Gozali, Lc. Kepala SMAIT As SYifa Wanareja, Shalat Ied berlangsung dengan khidmat.

Usai shalat dengan penyembelihan hewan qurban, murid putra yang berqurban bisa langsung mempraktekan cara penyembelihan dengan dipandu oleh Ust. Fazry Fauzan. sementara itu, murid putri menyiapkan perlombaan  mengolah daging qurban menjadi aneka kreasi sate.

Semoga melalui kegiatan Syiar Dzulhijjah 1439 H, murid SMAIT As Syifa Boarding School Wanareja dapat mengambil banyak hikmah yang dapat diaplikasikan ketika kelak mereka terjun di tengah masyarakat.