Pelaksanaan Supervisi Akademik Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Supervisi guru akademik adalah metode penting untuk memperbaiki keterampilan profesional dan pengetahuan akademik dari para guru.

 

Supervisi guru akademik di SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja diterapkan agar para guru dapat mengembangkan kemampuan profesional mereka dalam pengetahuan akademik, pengelolaan kelas, keterampilan proses pembelajaran, dan penggunaan semua kemampuan ini untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas bagi peserta didik.

Ada beberapa langkah yang perlu diikuti saat melakukan supervisi guru akademik:
1. Menentukan tujuan supervisi: Tujuan supervisi harus jelas dan spesifik agar dapat membantu guru mengembangkan kemampuan profesional mereka.
2. Observasi: Observasi merupakan langkah penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan guru, serta memberikan umpan balik yang efektif untuk meningkatkan keterampilan.
3. Pembuatan catatan: Membuat catatan selama proses supervisi akan membantu dalam merencanakan tindakan yang tepat dan memberikan umpan balik berkelanjutan.
4. Pembuatan rencana tindakan: Berdasarkan observasi dan catatan, rencana tindakan dapat dibuat untuk membantu guru mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
5. Memberikan umpan balik dan dukungan: Memberikan umpan balik secara teratur akan membantu guru mengatasi kelemahan dan memberikan dorongan positif untuk terus berkembang.

 

Berikut beberapa dokumentasi supervisi guru akademik

Supervisi Guru Matematika

Supervisi Guru Kimia

Supervisi Guru TIK

dan masih banyak lagi beberapa dokumentasi guru akademik lainnya.

Nahhh….dengan menerapkan supervisi guru akademik secara teratur,  maka dapat membantu para guru meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih berkualitas bagi para peserta didik. Hal ini akan membantu sebuah sekolah mencapai tujuan untuk memberikan pengalaman belajar terbaik bagi semua siswa-siswinya.

Scroll to Top