Ada Apa Dengan Boarding School ?

Bismillahirrahmanirrahiim. Sebagai orang tua, tentu ayah-bunda tentu menginginkan pendidikan terbaik untuk anandanya. Mengingat saat ini lingkungan semakin tidak kondusif, sehingga perlu upaya yang ekstra untuk menjadikan ananda menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terlebih diusia yang rentan mudah terbawa oleh lingkungan, masih dalam usia yang labil dan membutuhkan lingkungan terbaik untuk pembentukan karakter yang baik. Salah satu upaya Ayah-Bunda bisa mendaftarkan anandanya ke boarding school atau dikenal juga dengan pondok pesantren modern.

Mengapa boarding school menjadi salah satu alternatif sebagai tempat pendidikan terbaik ananda ?

  1. Boarding School memiliki lingkungan yang terkendali

Boarding school merupakan sekolah berasrama yang memiliki kondisi lingkungan yang dapat dikendalikan. Setiap murid memiliki musyrif/musyrifah yang mengontrol daily murid di asrama. Lingkungan yang homogen karena memiliki satu visi dan misi menjadikan ananda lebih terarah dalam mencapai cita-citanya.

  1. Menciptakan lingkungan yang kekeluargaannya kuat

Sekolah berasrama, jauh dari orang tua menjadikan ananda lebih mandiri dan terdidik untuk saling membantu satu sama lain. Kondisi yang sama-sama jauh dari orang tua menghadirkan kekuatan untuk selalu saling menguatkan sehingga saling menjadikan keluarga.

  1. Menghindari terciptanya kesenjangan sosial

Di boarding school, murid tidak diperkenankan membawa barang yang tidak digunakan dalam pembelajaran. Sehingga semua murid memiliki fasilitas yang sama, serta makan makanan yang sama.

  1. Terintegrasi antara sekolah dan asrama

Karena selain menjadi tempat pendidikan yang berkarakter kuat dan berakhlakul karimah, boarding school juga mendidik ananda menjadi pembelajar yang dapat menghadapi tantangan zaman. Kegiatan belajar pagi hari menggunakan sistem kurikulum nasional, kemudian dilanjut dengan keislaman, dan juga pembelajaran di asrama.

Tentu ayah-bunda tidak hanya menginginkan ananda menjadi seorang yang pintar dalam hal duniawi namun juga menjadi investasi masa depan (akhirat) Ayah-Bunda. Maka boarding school menjadi pilihan terbaik yang patut dicoba. Namun, Ayah-Bunda juga harus teliti terkait dengan proses pembelajaran yang ditawarkan oleh boarding school tersebut.

SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja adalah sebuah boarding school dibawah naungan Yayasan Assyifa Al-Khoeriyyah Subang. Menjadi salah satu Sekolah Islam Terpadu Boarding School terbaik di Jawa Barat yang berlokasi di Blok Lw. Peuris Rt 07 rw 02 Kelurahan Wanareja, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. SMA Islam Terpadu Boarding School Wanareja mempunyai visi sebagai sekolah rujukan nasional dalam mencetak generasi visioner menuju peradaban Rabbani.

sma-wanareja

Menjadi sekolah berasrama tentu kegiatan murid tidak hanya sekolah formal namun juga ada pembelajaran yang diterapkan dalam berasrama. Konsep pembelajaran 24 jam ini menjadikan setiap kegiatan ananda adalah pembelajaran. Sejak bagun tidur hingga tidur kembali adalah proses pembelajaran yang akan ananda dapatkan di SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja. Pembelajaran apa saja yang didapat ananda ? tentu pembelajaran formal yang dapat menjadikan ananda sebagai pemuda-pemudi yang siap menghadapi segala tantangan zaman, juga pembelajaran ibadah, aqidah, serta akhlak yang menjadikan ananda siap menjadi pemuda-pemudi yang tetap kokoh dalam agamanya.

Baca juga: 24 Jam di Asrama Islamic Boarding School Terbaik

Sekolah rujukan pasca menuntaskan jenjang SMP, SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja merupakan pilihan terbaik Ayah-Bunda untuk mendidik ananda. Karena selain menerapkan kurikulum nasional 2013, juga menerapkan kurikulum keislaman seperti Tahsin/Tahfidz, Bahasa Arab, Ulum Syar’iyyah serta halaqoh pembinaan karakter. Juga menerapkan kurikulum kepemimpinan, menjadikan ananda untuk  aktif berorganisasi, mandiri, bertanggung jawab, kerjasama dan terbiasa menggunakan bahasa internasional. Ketiga kurikulum tersebut diaplikasikan di SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja demi mencetak generasi yang mampu menyeimbangkan potensi agama dan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Kegiatan pembelajaran yang akan dijalani oleh ananda di SMAIT Assyifa Boarding School adalah pembelajaran formal pagi hari, kemudian pembelajaran tahfidz, tutor sebaya atau kelas Belajar Malam dan pembelajaran di asrama. Pembelajaran Tahfidz di SMAIT Assyifa Boarding School dilaksanakan pagi hari ba’da shubuh dan ba’da ashar. Selain itu juga memiliki program percepatan tahfidz yakni program Takhossus 3.1. Program ini telah menghasilkan banyak hafidzoh 30 juz. Kemudian tutor sebaya atau kelas belajar malam ini dilaksanakan malam hari ba’da isya setalah ananda mengikuti kegiatan taklim (pembelajaran keislaman). Kelas belajar malam yang dilaksanakan SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja ini membahas soal-soal persiapan SBMPTN atau menyesuaikan dengan request murid seperti pembelajaran yang belum dipahami atau perlu direview ulang.

Baca juga : Khotmul Quran (Setoran ziyadah terakhir 30 Juz)

Menjadi salah satu boarding school yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik, SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja mempunyai fasilitas terbaik yakni ruang kelas yang nyaman, laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, perpustakaan, GOR, minimarket, ruang makan, dan klinik serta asrama.

Kegiatan ekstrakurikuler juga dihadirkan untuk mengelola dan meningkatkan bakat ananda. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja yakni pramuka, basket, futsal, tapak suci/pencak silat, fotografi, konten kreatir, PMR, handycraft, voli, panahan, tari saman, khitobah, nasyid, paskibraka dan kaligrafi. Beberapa prestasi sudah diraih oleh SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja.

Itulah yang ada di Boarding School, khususnya di SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja Subang. Semoga dapat menambah informasi untuk Ayah-Bunda yang sedang mencari sekolah terbaik untuk anandanya. Informasi tambahan untuk Ayah-Bunda bahwa saat ini SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja sedang membuka pendaftaran untuk murid baru Tahun Akademik 2021/2022. Pendaftaran online dibuka sejak 1 september 2020 hingga 14 November 2020. Informasi lebih detail bisa diakses di website : https://bit.ly/daftarPMBassyifa2021

Demikian, semoga bermanfaat. Jazakumullah khairan katsiran.