Belajar Ekonomi; Media Boardgame Bab Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi suatu tidak mudah dicapai suatu negara, banyak variabel pendukung yang perlu dicapai agar pertumbuhan ekonomi suatu negara tetap tinggi dan stabil. Secara teori ekonomi, rumus menghitung pertumbuhan ekonomi adalah PDB tahun n dikurangi PDB tahun n-1 dan dibagi dengan PDB tahun n-1 dikali dengan 100.

Negara kita menggunakan pendekatan pengeluaran untuk menghitung besarnya pendapatan nasional (PDB atau PNB). Dimana Pendapatan Nasional = C + I + G + X – M, dimana C adalah Konsumsi, I adalah Investasi, G adalah Government Expenditure, X adalah Ekspor dan M adalah Impor. Artinya jika pertumbuhan ekonomi suatu negara ingin tinggi maka tingkatkan Konsumsi masyarakat, Investasi, Pengeluaran pemerintah, ekspor dan turunkan impor.

Sumber: katadata

Data diatas menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara kita semenjak era B.J. Habibie sampai ke rezim Jokowi. Data diatas menunjukkan sejak tahun 1998 pertumbuhan ekonomi kita di angka +/- 4%. Pemimpin perlu membuat perencaan matang agar target pertumbuhan dapat tercapai.

Pembelajaran Bab Pertumbuhan Ekonomi kali ini kami menggunakan Boardgame sebagai media pembelajaran, kami susun sedemikan rupa agar murid mampu belajar mengelola dan membangun suatu daerah. Ada 3 sumber produksi yang kami pilih dalam boardgame ini, produksi emas, produksi beras dan produksi ikan.

Sedangkan untuk karakter yang dimainkan murid juga ada banyak, ada yang berperan sebagai gubernur, pencatat produksi (emas, beras dan ikan) dan peran lainnya. Semakin banyak jumlah barang yang dapat diproduksi, maka gubernur bisa membangun daerah tersebut. Membangun sekolah, universitas, rumah sakit dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Kami juga memasukkan faktor bencana. Kepemimpinan seseorang akan teruji ketika dia dalam kondisi darurat dan harus segera mengambil kondisi genting seperti bencana tersebut. Ada yang segera membangun tim SAR, menambah rumah sakit dan segera memberi bantuan di daerah yang terkena bencana.

Boardgame yang kami buat cukup kompleks, bahkan kami memasukkan adanya unsur hewan endemik yang perlu dilindungi dan hewan invasif yang menyerang habitat hewan endemik tersebut. Gubernur perlu membuat aturan agar Sumber Daya tetap diolah, namun ligkungan juga tetap terjaga sehingga hewan endemik tetap terjaga habitatnya, demikian juga populasi dari hewan invasif perlu diperhatikan oleh murid-murid.

Dari pembelajaran ini tentu saja kami berharap dapat memunculkan rasa leadership dari para murid, rasa bertanggung jawab dengan tugas masing-masing, memiliki rasa cinta tanah air sehingga ingin memajukan bangsa dan negara ini, terakhir tentu saja yang paling penting adalah memiliki rasa kepeduliaan yang tinggi terhadap satwa-satwa yang ada di negara kita. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan mengeksploitasi kekayaan alam suatu negara adalah hal yang umum dilakukan oleh banyak negara di dunia ini. Namun tentu saja masih sedikit negara yang tumbuh ekonominya dan tetap terjaga alamnya.

Scroll to Top