Penalaran spasial umumnya dianggap dalam hal visualisasi spasial, rotasi mental, dan orientasi spasial (Lowrie et al., 2016)
- Visualisasi spasial merupakan kemampuan untuk “memanipulasi atau mengubah gambar pola spasial menjadi susunan visual lainnya” (Kozhevnikov et al., 1999).
- Rotasi mental adalah kapasitas untuk “menyelesaikan masalah rotasi mental sederhana dengan cepat, tanpa membayangkan diri yang terorientasi” (Kozhevnikov et al., 1999).
- Orientasi spasial adalah kapasitas untuk memahami dan terlibat dalam hubungan antara posisi objek dengan posisi sendiri (Clements & Battista, 1992).
Penalaran spasial menurut Nurul & Eny (2022) adalah penalaran yang melibatkan tiga komponen spasial yaitu rotasi mental, orientasi spasial, dan visualisasi spasial. Rotasi mental adalah kemampuan siswa dalam merotasikan bangun geometri secara tepat. Visualisasi spasial adalah kemampuan untuk memberikan gambaran tentang suatu bentuk bangun ruang yang bagian-bagiannya mengalami perubahan. Orientasi spasial adalah menentukan wujud yang terlihat dari suatu benda jika dilihat dari berbagai macam arah.
a. Mental Rotation
b. Spatial Orientation
c. Spatial Visualization
Spatial Reasoning Instrument (Ramful et al., 2017)
Daftar Pustaka :
Clements, D., & Battista, M. (1992). Geometry and Spatial Reasoning. New York: Macmillan Publishing Company.
Kozhevnikov, M., Hegarty, M., & Mayer, R. (1999). Students’ Use of Imagery in Solving Qualitative Problems in Kinematics. Maryland: Education Resources Information Center.
Lowrie, T., Logan, T., & Ramful, A. (2016). Spatial Reasoning Influences Students’ Performance on Mathematics Tasks. Adelaide: Mathematics Education Research Group of Australasia.
Nurul, A., & Eny, S. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), hlm 61-72. [Online]. Diakses dari: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15660/1/Jurnal_Nurul%20Aini_STKIP%20PGRI%20Jombang_2022.pdf
Ramful, A., Lowrie, T., & Logan, T. (2017). Measurement of Spatial Ability: Construction and Validation of The Spatial Reasoning Instrument for Middle School Students. Journal of Psychoeducational Assessment, 35(7), hlm 709-727. [Online]. Diakses dari: https://journals.sagepub.com/doi/epub/10.1177/0734282916659207